Tag

, , , , ,

Makanan Sehat Pendukung Tumbuh Kembang Anak

Dalam kesempatan kali ini admin akan posting mengenai “makanan sehat pendukung tumbuh kembang anak“. Bagi bunda sekalian simak secara seksama ulasan berikut !

Makanan Sehat Pendukung Tumbuh Kembang AnakMakanan sehat pendukung tumbuh kembang anak | Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, bunda perlu memperhatikan asupan gizinya. Konsumsi makanan dengan gizi yang lengkap akan mempengaruhi proses tumbuh kembang anak. Kunci utama dalam memenuhi kebutuhan gizi anak adalah dengan menyediakan makanan yang bervariasi. Semakin beragam jenis makanan yang bunda sediakan dan berikan pada anak, maka semakin lengkap pula asupan gizinya.

Terdapat beragam jenis zat gizi yang perlu anak penuhi untuk menunjang tumbuh kembangnya. Anak perlu mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat secara seimbang. Dengan jenis makanan yang tepat, tumbuh kembang anak bisa maksimal.

Berikut ini beberapa makanan sehat yang dapat menunjang tumbuh kembang anak.

#Susu

Salah satu sumber protein dan lemak ini baik dikonsumsi pada masa tumbuh kembang anak. Selain itu, kandungan kalsium dalam susu membantu pemebntukan tulang, sehingga anak bisa tumbuh maksimal. Bagi bayi 0-6 bulan, air susu ibu (ASI) merupakan jenis susu terbaik yang bisa diberikan pada anak. Selanjutnya, Anda bisa memberikan susu 2-3 gelas per hari untuk mendapatkan manfaat kandungan gizinya. 

#Yoghurt rendah lemak

Anak bunda memiliki masalah saat mengonsumsi susu? Anda bisa menggantinya dengan yoghurt rendah lemak yang juga memiliki kandungan tinggi kalsium dan serat. Kombinasikan yoghurt dengan tambahan buah segar atau madu.

#”Oatmeal”

Mengonsumsi oatmeal merupakan pilihan untuk mendapatkan serat yang cukup banyak. Untuk menambah kelezatan oatmeal, Anda bisa mencoba melakukan variasi dengan mencampur beberapa buah-buah yang mengandung vitamin seperti apel, pisang atau rempah-rempah seperti kayu manis dan madu.

#Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan sumber protein tinggi dengan kandungan asam lemak omega-3, vitamin dan mineral yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Sebagai kombinasi resep untuk menambah lezat makanan, Adna bisa menambahkan mayones rendah lemak atau roti gandum sebagai menu makanan sehat untuk anak. 

#Sereal

Ada banyak pilihan sereal yang dijual di supermarket, namun Anda bisa membuat sereal sendiri sebagai pilihan sarapan bagi si kecil. Tambahkan beberapa pelengkap seperti biji-bijian, blueberry, kismis dan pisang yang memiiki yang kaya kalsium dan serat dan zat besi. Buah-buahan segar ini juga bisa digunakan sebagai pemanis alami, sehingga Anda tak perlu lagi menambahkan gula pada sereal si kecil. 

#Sayuran

Sayuran selalu menjadi pilihan terbaik bagi anak-anak Anda pada masa pertumbuhannya. Sayuran mengandung tinggi serat, vitamin dan mineral. Setiap warna sayuran mengandung zat gizi yang berbeda. Itulah sebabnya Anda bisa memberikan beragam jenis sayuran dalam satu hari untuk mendapatkan semua manfaat kandungannya. Agar tak bosan, variasikan penyakian sayur menjadi hidangan yang istimewa, misalnya menambahkan sayuran pada nugget buatan atau menghaluskan sayuran untuk ditambahkan dalam biskuit buatan sendiri.  

#Apel

Jika bunda memiliki kebiasaan mengupas kulit apel atau mengubah apel menjadi jus, sekarang saatnya mengubah kebiasaan tersebut. Buah apel yang dikonsumsi langsung tanpa mengupas kulitnya memberikan manfaat yang lebih banyak untuk anak. Sebab selain vitamin C, buah apel yang tidak dikupas kulitnya akan memberikan manfaat seperti rendah kalori dan juga sejumlah serat yang baik bagi pencernaan anak.

#Daging

Daging tanpa lemak merupakan bahan makanan tepat untuk mendapatkan protein dan zat besi dalam jumlah banyak. Untuk anak yang lebih kecil, Anda bisa menyajikan daging yang lebih halus agar ia bisa mengunyahnya dengan baik. Pastikan anak mengonsumsi daging 50-60 gram dalam sekali makan untuk mendapatkan manfaatnya.

#Telur

Telur merupakan sumber protein hewani yang mudah didapat maupun diolah. Hampir semua anak menyukai telur. Selain protein, telur juga mengandung mineral seperti zat besi dan beberapa vitamin. Zat gizi ini tentu penting untuk membantu proses tumbuh kembang anak. Perlu diperhatikan, saat Anda akan mengenalkan telur perhatikan apakah anak memiliki alergi. Sebab telur termasuk dalam makanan yang bisa menimbulkan alergi.

#Tahu

Kandungan kedelai dari tahu memiliki kalsium dan protein yang baik pada masa pertumbuhan anak. Saat mengonsumsi tahu, anak akan mendapatkan 10 gram protein dalam sekali penyajian atau sekitar 100 gram tahu. Selain itu zat besi yang terkandung di dalam tahu juga sangat baik bagi kebutuhan darah mereka. 

#Kacang

Sebagian orangtua khawatir saat memberikan kacang pada anak-anak karena adanya risiko alergi dan lemak yang tinggi. Kacang memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang baik untuk tumbuh kembang anak. Bila Anda khawatir anak terkena alergi akibat konsumsi kacang, Anda bisa menundanya hingga ia siap, atau konsumtasikan terlebih dahulu pada dokter bila memang si kecil punya riwayat alergi. Kacang almond dan macademia bisa menjadi pilihan tepat bagi anak Anda. 

anakSeorang anak pastinya membutuhkan asupan gizi yang tepat sebagai pendukung tumbuh kembang anak. Nutrisi yang baik terkandung didalam makanan sehat. Kandungan nutrizi yang ada didalam makanan sehat selain dapat membantu tumbuh kembang anak juga dapat meningkatkan keterampilan dan memori otak anak sehingga anak akan mudah dalam mengingat sesuatu maupun menghafalnya.

Terus kunjungi situs https://caramengobatilambungkembung.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, dikarenakan kami akan update setiap harinya.

Makanan Sehat Pendukung Tumbuh Kembang Anak

Iklan